Profil

  • Keadaan Geografis Kabupaten Tulungagung

Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Timur. Kabupaten Tulungagung dengan luas 1.150,41 km² terletak pada posisi 111°43′ sampai dengan 112°07′ Bujur Timur dan 720°51′ sampai dengan 8°18′ Lintang Selatan. Wilayahnya berbentuk dataran yang subur pada bagian utara, tengah dan timur, sebagian ada pegunungan dan Samudra Indonesia sepanjang batas selatan, serta terletak 154 km Barat Daya dari kota Surabaya. Sungai yang mengaliri Kabupaten Tulungagung adalah Sungai Brantas dengan aliran melalui Kecamatan Ngantru, Kecamatan Kedungwaru dan Kecamatan Ngunut.

Seperti halnya keadaan musim di Indonesia, Kabupaten Tulungagung mempunyai dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan, antara lain dipengaruhi adanya arus angin yang melintas suatu daratan serta banyak tidaknya kandungan uap air. Realisasi curah hujan dibawah normal terjadi sepanjang tahun kecuali bulan Januari, sedang curah hujan diatas normal terjadi pada bulan Januari, suhu udara rata-rata adalah 32,7°C dan kelembaban udara berkisar antara 63%-71%.

  • Keadaan Administrasi dan Pembagian Wilayah

Ditinjau dari segi administrasi Kabupaten Tulungagung memiliki batas-batas sebagai berikut :

  1. Sebelah Utara adalah Kabupaten Kediri
  2. Sebelah Selatan adalah Samudra Indonesia
  3. Sebelah Timur adalah Kabupaten Blitar
  4. Sebelah Barat adalah Kabupaten Trenggalek

Kabupaten Tulungagung terbagi dalam 19 kecamatan, 257 desa, 14 kelurahan, 1830 RW (Rukun Warga), dan 6239 RT (Rukun Tetangga). Kecamatan yang mempunyai jumlah desa terbanyak adalah Kecamatan Gondang yaitu sebanyak 20 desa, sedangkan yang mempunyai jumlah desa paling sedikit adalah Kecamatan Tanggunggunung yaitu sebanyak 7 desa.

  • Gambaran Umum Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tulungagung

Dulu lokasi Badan Amil Zakat Kabupaten Tulungagung terletak di pusat kota Tulungagung, tepatnya berada disebelah utara Alon-Alon Tulungagung jalan RA. Kartini No. 45 Tulungagung. Semenjak diterbitkanya Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 oleh pemerintah, yang dulunya Badan Amil Zakat sekarang berubah menjadi Badan Amil Zakat  Nasional. Untuk BAZNAS Kabupaten Tulungagung sendiri bertempat di Jl. Mayor Sujadi No. 172 Kantor Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tulungagung memiliki lokasi yang strategis dan mudah dijangkau.

STRUKTUR ORGANISASI BAZNAS KABUPATEN TULUNGAGUNG

  1. Ketua : KH. Samsul Umam
  2. Wakil Ketua 1 Bidang Penghimpunan : Drs. H. Ahmad Budianto, M.M
  3. Wakil Ketua 2 Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan : H. Abdul Wachid, S.IP
  4. Wakil Ketua 3 Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan : H. Abdullah Irfan
  5. Wakil Ketua 4 Bidang Administrasi, SDM, dan Umum : Drs. Ahmad Mashuri
  1. Kepala Pelaksana : Muhammad Fathul Manam, M.Pd
  2. Kepala Bagian Penghimpunan : Astri Latifah, S.E
  3. Kepala Bagian Pendistribusian dan Pendayagunaan : Ahmad Saifudin, M.E
  4. Kepala Bagian Perencanaan, Pengelolaan Keuangan dan Pelaporan : Tika Nifatul Chusna, M.Pd
  5. Kepala Bagian Administrasi, SDM, dan Umum : Ahmad Ghilman Muhtar Faizin